Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, August 6, 2014

2 Juni : Santo Marselinus & Santo Petrus

Add caption
Kedua orang kudus ini namanya dicantumkan dalam Doa Syukur Agung Pertama Misa Kudus. Mereka secara luas dihormati dan dimohon bantuan doanya oleh umat Kristiani perdana. Pesta kedua martir ini tertera dalam kalender para kudus Roma oleh Paus Vigilius pada tahun 555.

Marselinus adalah seorang imam dan Petrus melayani Marselinus dalam pelayanan sang imam. Keduanya amat gagah berani dalam mempraktekkan iman Kristiani mereka. Mereka melayani komunitas Kristiani dengan pengurbanan diri yang besar. Pada masa penganiayaan oleh Diocletian, banyak umat Kristiani dibunuh. Termasuk di antaranya adalah kedua orang ini; mereka dipenggal kepalanya. Tetapi, agaknya sebelum dibunuh mereka dipaksa untuk menggali liang kubur mereka sendiri. Mereka dibawa ke suatu lokasi rahasia untuk melaksanakan tugas berat tersebut. Lokasi itu adalah sebuah hutan yang disebut Silva Nigra. Beberapa waktu kemudian, kubur mereka ditemukan di tempat terpencil tersebut. Algojo yang membunuh mereka pada akhirnya bertobat dan menjadi seorang Kristiani. Ia menghantar umat Kristiani ke sisa-sisa jenazah kedua orang kudus itu, yang kemudian dimakamkan kembali dalam katakomba St Tiberius. Paus Gregorius IV mengirimkan sebagian dari relikui mereka ke Frankfurt, Jerman pada tahun 827. Sri Paus yakin bahwa relikui kedua orang martir ini akan mendatangkan berkat bagi Gereja di negeri itu.

Yesus menyerahkan hidup-Nya bagi kita. Kita pun sepatutnya menyerahkan hidup kita bagi Dia. Tuhan, adakah sesuatu yang dapat aku lakukan bagi-Mu pada hari ini?